Kwarnas Menuju Jambore Nasional 2016

No Comments
KABAR PRAMUKA - Jakarta, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka terus bekerja mempersiapkan diri guna mensukseskan kegiatan Jambore Nasional ke X di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur pada 14-21 Agustus 2016

Dalam rangka itu, Kwarnas mengadakan pertemuan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, di Kantor Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (28/3/2016)



Hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault, Sekretaris Jenderal Kwarnas, Rafli Effendy, Waka Bidang Lingkungan Hidup, Abdul Shobur, Waka Bidang Bina Anggota Dewasa Susi Yulianti, Waka Bidang Bina Anggota Muda, Aditha Rahaded, Waka Bidang Perencanaan Pengembangan dan Kerjasama, Marbawi, dan Waka Bidang Usaha dan Aset Milik Gerakan Pramuka, Fahmi Assegaf.

Sebagai Menteri Pendidikan, Kak Adhyaksa berharap Anies memberikan dukungan dan suport terhadap kegiatan Jamnas. Pasalnya, kegiatan ini melibatkan anggota Pramuka tingkat Penggalang yang berusia 11-15 tahun.

"Yang ikut Jamnas adalah anak-anak sekolah dari SD, SMP. Mereka ini adalah orang-orang pilihan yang punya prestasi, jadi kita ingin Jamnas benar-benar membuat mereka gembira, sesuai dengan tagline kita kali ini 'Keren, Gembira, Asyik'," kata Kak Adhyaksa.

Sementara itu, Kak Ita selaku Ketua Penyelenggara Jamnas mengatakan, pihaknya tengah bekerja secara maraton untuk menyiapkan beberapa kekurangan Jamnas. Menurutnya, dengan peserta 26 ribu orang, mamang membutuhkan tenaga yang ekstra dan dukungan dari semua pihak.

"Kami berharap Bapak Menteri, bisa membantu dan mendukung kegiatan untuk adik-adik kita. Untuk mengurus 26 ribu orang memang tidak mudah," ucapnya.

Menanggapi hal itu, Anies menyatakan, pihaknya siap membantu dan mendukung kegiatan Jamnas X. Termasuk bila diminta mengirimkan tenaga pengajar untuk mengisi kegiatan anak-anak Pramuka pada saat acara berlangsung.

"Kalau diminta datang kita siap, kalau kekurangan tenaga kita siap membantu. Kalau soal infrastruktur nanti bisa dibicarakan lebih lanjut," kata Anies.

Beberapa hal yang menjadi kekurangan Jamnas adalah, mengenai persoalan MCK, perbaikan jalan, dan penerangan. Kak Ita mengatakan, Kwarnas masih membutuhkan perbaikan toilet, atau pun toilet yang non permanen. Jumlah toilet saat ini dirasa masih kurang untuk 26 ribu orang.

Kak Ita tidak lupa mengucapkan, terima kasih kepada Anies, yang sudah mengeluarkan surat edaran berisi, dispensasi bagi anggota Pramuka dan pembinanya, agar tidak mengikuti proses belajar mengajar selama Jamnas berlangsung.

"Kami juga berharap Pak Menteri, bisa menjadi Anggota Penasehat Jamnas," tuturnya.

Sumber : Facebook Kwartir Nasional

Salam Pramuka, Kepada para pengunjung kabarpramuka.id jika ingin berkomentar gunakanlah komentar yang santun, baik dan menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jika ingin ada kerjasama, kiriman berita dll. Silahkan hubungi redaksi